Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan pada Program Studi S1 Psikologi yaitu Case-Based Learning (CBL), Project-Based Learning (PjBL) dan praktikum. Dengan penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis kasus (CBL), mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam memecahkan permasalahan yang sebenarnya. Agar ada hubungan yang jelas antara pembelajaran CBL dan penerapannya dalam kehidupan mahasiswa, situasi yang diberikan dalam pembelajaran CBL dirancang secara relevan dengan pengalaman mereka sehari-hari. Di sisi lain, pembelajaran berbasis proyek adalah jenis pendidikan yang memanfaatkan proyek atau bentuk media lainnya. Mahasiswa terlibat dalam penyelidikan, interpretasi, sintesis, dan pengumpulan informasi untuk mencapai berbagai hasil belajar.

Pembelajaran secara teori dan praktik mencerminkan orientasi strategis dari Program Studi S1 Psikologi. Mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan profesional, belajar melakukan penelitian psikologis, dan mengembangkan produk-produk inovatif untuk menghadapi tuntutan global. Dalam hal ini, beberapa mata kuliah yang secara eksplisit memuat mata kuliah praktikum antara lain:

NoKeterampilan & Tujuan PraktisContoh Mata Kuliah
1.Kemampuan asesmen & melakukan pengukuran psikologis Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi Sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.Evaluasi Pendidikan, Pengantar Tes Psikologi, Observasi dan Wawancara, Tes Minat dan Bakat.
2.Kemampuan mengembangkan alat ukur psikologi Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasikPsikometri, Konstruksi Alat Ukur, Aplikasi Komputer.
3.Kemampuan memecahkan permasalahan psikologis Mampu menganalisis persoalan psikologis nonklinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.Psikologi Keluarga dan Konseling Perkawinan, Psikologi Bencana, Psikologi Siswa Berkebutuhan Khusus.
4.Kemampuan melakukan intervensi psikologi Mampu melakukan intervensi psikologi dengan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi & Kode Etik Psikologi Indonesia.Psikologi Konseling, Psikologi Komunitas, Intervensi Organisasi, Psikologi Bermain, Intervensi Individu.
5.Kemampuan menjalin relasi profesional dengan klien Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat.Psikologi Konseling, Psikologi Komunikasi, Praktik Kerja Psikologi.
6.Kemampuan menyampaikan gagasan dan menggunakan teknologi informasi Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggung jawab.Aplikasi Komputer, Teknik Penulisan Ilmiah, Psikologi Komunikasi.
7.Kemampuan melakukan penelitian psikologi Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif, dan metodologi penelitian kualitatif generikMetode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif, Psikologi Eksperimen.
8.Kemampuan melakukan pengembangan diri Mampu merencanakan dan mengembangkan karir dan pengembangan diri sendiri.Coaching dan Konseling Kerja, Psikologi K3, Analisa Jabatan, Psikologi Industri dan Organisasi,
9.Kemampuan menerapkan etika psikologi Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi IndonesiaKode Etik Psikologi, Tes Intelegensi, dan Tes Kepribadian.
10.Kemampuan literasi data Mampu memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggung jawab.Aplikasi Komputer, Psikometri.
11.Kemampuan literasi teknologi Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggung jawab dalam konteks psikologi.Aplikasi Komputer

Silabus dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dirancang dengan hati-hati, dan perkuliahan disampaikan dengan menggunakan berbagai strategi pengajaran, termasuk studi kasus dan project-based. Dosen juga memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan capaian pembelajaran dari masing-masing mata kuliah, baik dalam bentuk textbook, video, dan sebagainya.

Adapun kurikulum yang menjadi acuan pembelajaran pada Program Studi S1 Psikologi saat ini adalah Kurikulum 2021 yang dapat diakses melalui pranala berikut: 2021 – LAPORAN KURIKULUM SFD PSIKOLOGI UNJ.pdf

Metode dan Praktik Ilmiah

Mahasiswa Program Studi S1 Psikologi dilatih dalam metode penelitian dan praktik ilmiah yang terintegrasi dengan situasi praktik di lapangan, serta melakukan diskusi kritis tentang isu-isu kontemporer terkait bidangnya. Strategi yang diterapkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan analisis data, menyediakan proyek terkait masalah relevan dan terkini, serta mempelajari cara mengkomunikasikan hasil penelitian secara efektif. Kurikulum yang disusun telah memuat aspek metode dan praktik ilmiah yang terbukti dengan adanya mata kuliah khusus yang membahas tentang metode penelitian seperti Statistika Deskriptif, Statistika Inferensial, Metode Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kualitatif, Psikologi Eksperimen, Observasi dan Wawancara, Psikometri, Aplikasi Komputer, Konstruksi Alat Ukur Psikologi, Teknik Penulisan Ilmiah, dan Skripsi.

Ujian dan Tugas Akhir

Program Studi S1 Psikologi menetapkan standar kelulusan mahasiswa sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Universitas, Fakultas dan Program Studi. Kelulusan setiap mata kuliah ditentukan berdasarkan hasil ujian dalam berbagai bentuk, seperti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, test performance, tugas dalam bentuk Case Based Learning (CBL) maupun Project Based Learning (PjBL). 

Penilaian kinerja mahasiswa pada setiap mata kuliah diatur dalam Peraturan Rektor Universitas Negeri Jakarta Nomor 278/UN39/HK.02/2022 tentang Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Jakarta TA 2021/2022. Kinerja mahasiswa dievaluasi dengan metode penilaian yang berbeda (penugasan, sikap, kedisiplinan, ujian tengah semester, ujian akhir semester) dengan akumulasi skor 100 lalu diubah menjadi nilai huruf. Nilai maksimal pada dengan IPK 4,00 poin. Nilai huruf dan nilai ekuivalennya:

Tingkat Penguasaan (%)HurufAngkaKeterangan
86 – 100A4,0Lulus
81 – 85A-3,7Lulus
76 – 80B+3,3Lulus
71 – 75B3,0Lulus
66 – 70B-2,7Lulus
61 – 65C+2,3Lulus
56 – 60C2,0Lulus
51 – 55C-1,7Belum Lulus
46 – 50D1,0Belum Lulus
0 – 45E0,0Belum Lulus

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilainya dengan mengulang mengikuti mata kuliah tersebut di semester berikutnya. Kehadiran di kelas harus terpenuhi 80% untuk dapat dianggap lulus. Selain itu, keaktifan dalam menjawab dan sikap menjadi poin plus untuk nilai. 

Perhitungan Konversi Sistem Kredit Semester

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Negeri Jakarta Nomor 1214.a/UN39/HK.02/2022 Tentang Panduan Penghitungan Konversi Beban SKS Studi Mahasiswa ke Angka Kredit European Credit Transfer And Accumulation System (ECTS) Universitas Negeri Jakarta, Program Studi Sarjana Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta melakukan konversi Satuan Kredit Semester (SKS) ke sistem ECTS dari mahasiswa yang akan atau sudah menempuh studi pendidikan di Eropa atau sebaliknya dalam rangka memenuhi persyaratan akreditas internasional. Berikut contoh perhitungan konversi SKS ke ECTS untuk Program Sarjana Psikologi:

Total CreditsConversion CalculationAnnotation
1 Credita. Meeting credit load Face to face meeting load: = 50 minutes/week/semester =0.83 hours x 16 weeks =13.33 hours Structured assignment load = 60 minutes/week/semester = 1 hour x 16  weeks = 16 hours   b. Total = 45.33 hoursa. Forms of Learning 1 Credit in the learning process of the Undergraduate Program are lectures, responses or tutorials, consisting of: * learning process activities (face to face) with a time load of 50 (fifty) minutes/week/semester; * structured assignment activities with a time load of 60 (sixty) minutes/week/semester; * independent activities 60 (sixty) minutes/week/semester   b. 1 (one) semester = 16 (sixteen) weeks including 2 weeks for midterm and final semester exams.
 = 45.33 hours/30 hours = 1.5 ECTSa. 1 semester terdiri dari 2 quartal b. 1 quartal = 12.5 until 15 ECTS. Hence 1 Quartal = 15 ECTS, as maximum standard c. 1 ECTS = 25 until 30 hours, hence 1 ECTS = 30 hours as minimum standard.
144 credits= 144 x 1.5 ECTS = 216 ECTSFinal curricular activities for the Undergraduate program (S1) in range = 144 – 150 SKS = 216 – 225 ECTS

Buku Panduan Akademik

Buku Pedoman Akademik merupakan kumpulan peraturan, struktur kurikulum, petunjuk pelaksanaan pembelajaran dan segala sesuatu yang berkaitan dan menunjang penyelenggaraan akademik di lingkungan program studi S1 Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ. Silakan unduh Buku Pedoman Akademik pada pranala berikut:

Buku Pedoman Akademik (versi Bahasa Indonesia)

Buku Pedoman Akademik (versi Bahasa Inggris)