Magister Sains Psikologi (S2)

Kurikulum dan Mata Kuliah

Kurikulum magister sains psikologi (S2) Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta dikembangkan berdasarkan kebutuhan mahasiswa yang ingin fokus pada dua cabang utama dalam psikologi, yaitu psikologi pendidikan dan psikologi industri dan organisasi. Gelar yang akan didapat mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan magister sains psikologi (S2) adalah Magister Sains (M.Si) dalam bidang psikologi. Bagi mahasiswa yang berasal dari luar bidang psikologi (non S.Psi) dapat mengikuti perkuliahan magister setelah menyelesaikan mata kuliah matrikulasi. Perkuliahan matrikulasi akan diatur kemudian.

Profil Pengajar

Prof. Dr. Yufiarti, M.Si

Dr. Gumgum Gumelar, M.Si

Deasyanti, Ph.D, Psikolog

Dr. Phil. Zarina Akbar, M.Psi, Psikolog

Dr.  Iriani Indri Hapsari, M.Psi, Psikolog

Dr.  Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd

Ratna Dyah Suryaratri, Ph.D

Mira Ariyani, Ph.D

Herdiyan Maulana, Ph.D

Peluang dan Prospek Lulusan

Profil lulusan program magister sains psikologi (S2) UNJ akan mengacu pada; 1) Riset dan kajian pasar dan kelayakan; 2) Rancangan Undang-Undang Psikologi (RUU Psikologi) tahun 2020; dan 3) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berdasarkan ketetapan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI).

Profil lulusan Magister Psikologi Fakultas Psikologi UNJ disusun sesuai ketetapan AP2TPI adalah sebagai berikut, dimana mengacu pada beberapa jenis profesi  dibawah ini:

  • Ilmuwan psikologi (peneliti dalam bidang psikologi dengan spesialisasi psikologi pendidikan atau industri/organisasi)
    • Dosen dalam bidang psikologi pendidikan dan industri/organisasi
    • Manajer sumber daya manusia dan personalia dalam lingkup sekolah dan/atau perusahaan
    • Konsultan dalam bidang pendidikan/keguruan dan/atau industri/organisasi
    • Konsultan ahli dalam bidang psikologi pendidikan/organisasi dan industri yang mampu menjadi fasilitator (trainer) pengembangan pribadi/karyawan dalam konteks sekolah/organisasi (sekolah, koorporasi).

Lokasi dan Fasilitas Perkuliahan

Kegiatan perkuliahan magister sains (S2) psikologi  FPPsi UNJ akan dilaksanakan di lantai 7 Gedung Dewi  Sartika (GDS) Kampus A Universitas Negeri Jakarta,  Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur. Sementara itu, fasilitas penunjang perkuliahan berupa perpustakaan, laboratorium psikologi, dan ruang compute tersedia di Kampus D  Universitas Negeri Jakarta, Jl.Halimun raya No.2, Jakarta Selatan. Seluruh lokasi kampus UNJ menyediakan akses internet (wi-fi) gratis bagi mahasiswa serta kemudahan akses ke basis data Pustaka Jurnal dan Buku secara daring.