Peningkatan Kualitas Pelayanan Tendik FPPsi UNJ Melalui Pelayanan Prima

WebPsi, JAKARTA — Pelayanan prima adalah hal mendasar dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna layanan, dalam hal ini mahasiswa. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mahasiswa, sehingga membuat mereka merasa puas. Tenaga kependidikan (tendik) yang merupakan salah satu garda terdepan penunjang penyelenggaraan pendidikan tidak terlepas untuk mempersenjatai dirinya dengan keterampilan pelayanan prima. Karenanya, pada Jumat-Sabtu (14-15/6/2024), Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) mengadakan kegiatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Tendik FPPsi UNJ untuk 16 tendik di Mercure Hotel Cikini Jakarta Pusat. Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Budaya Pelayanan Prima di Perguruan Tinggi” dibuka pukul 15.49 WIB oleh Prof.Dr. Yufiarti, M.Si selaku Dekan FPPsi UNJ.

Peserta dan Pemateri Kegiatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Tendik FPPsi UNJ

Dalam arahannya disampaikan agar setiap orang (red. tendik) harus paham dengan tugasnya masing-masing serta mau terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada mahasiswa. Hal tersebut dipertebal dengan apa yang disampaikan oleh Herdiyan Maulana, Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, bahwa “setiap kita harus saling membangun respect antara satu sama lain”. Kemudian sampai jelang maghrib, dilakukan secara bergantian paparan dari Lisbet Naibaho, SE, MM selaku Koordinator Layanan Umum dan Administrasi dan Agus Purwadi, s.Pd., M.Ap. selaku Koordinator Layanan Akademik dan Kemahasiswaan tentang jobdesc bidang kerjanya dan indikator pencapaiannya.

Pembukaan dan Paparan Jobdesc (Ki-ka: Prof.Dr. Yufiarti, M.Si (Dekan FPPsi UNJ), Herdiyan Maulana, Ph.D (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan), Lisbet Naibaho, SE, MM (Koord. Layanan Umum dan Administrasi), dan Agus Purwadi, s.Pd., M.Ap. (Koord. Layanan Akademik dan Kemahasiswaan)

Lepas istirahat shalat dan makan, sekitar pukul 19.40 WIB acara kembali dilanjutkan dengan materi tentang “Membangun Budaya Pelayanan Prima Kunci Sukses Perguruan Tinggi”. Materi disampaikan oleh Savira Azura yang merupakan Alumni FPPsi UNJ dan sekarang bertindak sebagai Human Resources Director di PT. Bumi Arasy. Salah satu yang pemateri sampaikan dalam paparannya adalah tentang elemen pelayanan prima. Dikatakan, konsep pelayanan prima dalam penerapannya diselaraskan dengan faktor A6 (Attitude (sikap), Attention (perhatian), Action (tindakan), Ability (kemampuan), Appearance (penampilan), dan Accountability (tanggung jawab)).

[sf/sf]