FPPsi UNJ Sukses Melaksanakan PKKMB 2022 Secara Offline dan Hybrid

WebPsi, JAKARTA — Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah dilaksanakan pada tanggal 22-27 Agustus 2022. Dengan rincian 22 Agustus 2022 opening PKKMB Universitas, 23-24 Agustus 2022 PKKMB Fakultas, 25-26 Agustus 2022 PKKMB Prodi, dan 27 Agustus 2022 closing PKKMB Universitas. Dalam kondisi angka COVID-19 yang kembali meningkat, Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) UNJ memutuskan untuk melaksanakan PKKMB Fakultas dan Prodi dengan 2 (dua) cara, yaitu sistem full-online dan sistem hybrid (hanya 50% mahasiswa baru hadir online dan sisanya hadir offline).

PKKMB Fakultas dan Prodi-Day 1 dilaksanakan pada tanggal 23 dan 25 Agustus 2022 secara full-online dengan tema program “Foreign Speaker Lecture Series”, yaitu materi yang disampaikan oleh pembicara dari luar Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan serta mengasah kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa baru FPPsi UNJ. Untuk fakultas, Dr. Macarena Silva Trujillo menyampaikan materi “The Importance of Reading Habit” dan dilanjutkan dengan materi dari Dr. Hiba Ghanem dengan judul “Interdisciplinarity: Between Science and Philosophy”.

Narasumber PKKMB Fakultas Pendidikan Psikologi Program “Foreign Speaker Lecture Series

Sedangkan untuk prodi, Dr. Ayaz Khalid menyampaikan materi “Well-Being Post-Pandemic” dan dilanjutkan dengan materi dari Dr. Valmira Hoti-Llabjani dengan judul “Statistics in Social Sciences/Psychology”.

Narasumber PKKMB Program Studi Psikologi Program “Foreign Speaker Lecture Series

Selain itu, ada pula materi-materi lain yang diberikan dalam bentuk video yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun oleh mahasiswa baru FPPsi UNJ. Materi yang berbentuk video adalah tentang pengenalan dosen-tenaga pendidik, pengenalan Opmawa dan Ormawa, pengisian biodata pada Siakad dan KRS, serta materi pengenalan fungsi DPA.

Pelaksanaan PKKMB Fakultas dan Prodi secara hybrid dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2022 (PKKMB Fakultas-Day 2) dan 26 Agustus 2022 (PKKMB Prodi-Day 2). Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.45 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Sistem hybrid ini diterapkan dengan tujuan agar dapat membantu mahasiswa baru untuk mempersiapkan dirinya secara perlahan dalam menjalani perkuliahan secara offline. Sedangkan PKKMB secara offline yang dihadiri oleh 50% mahasiswa baru, dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

Peserta PKKMB

Pada PKKMB Fakultas dan PKKMB Prodi Day 2, mahasiswa baru mendapatkan beberapa materi yang berguna bagi masa perkuliahannya. Materi yang disampaikan pada PKKMB Fakultas-Day 2 adalah pengenalan pimpinan fakultas dan prodi, pengenalan fasilitas dan layanan mahasiswa, dan Program Kreativitas & Inovasi Mahasiswa (PKIM). Pada PKKMB Prodi-Day 2, diberikan juga materi tentang pengenalan program studi, mahasiswa berprestasi, dan kiat sukses belajar di perguruan tinggi.

Pengenalan Pimpinan Fakultas dan Prodi

Tidak hanya itu, pelaksanaan PKKMB Fakultas dan PKKMB Prodi-Day 2 pun diisi interaksi yang menyenangkan antara peserta dengan panitia, dosen, dan juga tenaga pendidik lainnya; seperti diadakannya chit-chat, ice breaking, energizing, dan berbagai interaksi menarik lainnya.

Ice Breaking Peserta

Dari hasil wawancara singkat yang dilakukan terhadap beberapa peserta, dapat diketahui bahwa peserta merasa pelaksanaan PKKMB fakultas dan prodi sangat menyenangkan. Khususnya interaksi yang terjalin antara peserta dengan peserta, panitia, dan pihak-pihak lainnya. Tidak hanya itu, antusiasme peserta pun terlihat dari surat maupun ucapan yang diberikan peserta kepada panitia PKKMB FPPsi UNJ 2022.

Ucapan Terima Kasih dari Peserta

[FK/sf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *