Sidang PKP 116: Sharing Keilmuan dari Dunia Kerja

WebPsi, JAKARTA — “Mulai dari 1 Mei-10 Juli 2022 periode magang PKP” ucap Dr. Iriani Indri Hapsari, M.Psi selaku Koordinator Praktik Kerja Psikologi (PKP) saat ditanyakan tentang waktu pelaksanaan PKP . “Tersebar di 60 instansi pemerintah dan swasta yang ada di wilayah Jabodetabek”, imbuhnya tentang lokasi dilaksanakannya PKP.

Sidang PKP 116 FPPsi UNJ

PKP sendiri adalah salah satu mata kuliah yang wajib dilaksanakan seluruh mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) pada semester 6 dengan bobot 3 SKS. Dalam tahap ini mahasiswa belajar memasuki kondisi real dunia kerja dan belajar menganalisis bagaimana keterkaitan ilmu yang telah mereka terima di kampus dengan tempatnya ber-PKP. Akhir dari pelaksanaan PKP ini, ditandai dengan diadakannya sidang PKP. Tujuan dari dilaksanakannya sidang PKP adalah untuk menggali tingkat pemahaman mahasiswa atas apa yang telah mereka dapat selama melakukan magang.

Hal tersebut seperti kesan yang disampaikan oleh Fahri selama mengikuti magang PKP, “Kesan selama mengikuti PKP, dapat terjun langsung ke dunia kerja yang dimana softskill dan hard skill yang kita miliki dapat digunakan sebaik mungkin saat mengikuti PKP selama 40 hari kerja. Serta melatih kita agar bersikap dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab”. Begitupun yang diujarkan oleh Satya, “Kesan pertama kali melakukan PKP canggung pada awalnya, karena baru pertama kalinya aku merasakan bagaimana bekerja pada perusahaan besar terlebih lagi perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di indonesia. Namun seiring berjalannya waktu aku sudah mulai terbiasa dan juga mulai beradaptasi. Jujur aku senang banget bisa merasakan pengalaman kerja pada perusahaan tersebut, namun ada beberapa hal juga yang membuat aku sesali, karena kurangnya bimbingan mentor pada perusahaan tersebut”

Sesi Presentasi Sidang PKP 116 FPPsi UNJ

Pada semester 116, sidang PKP jatuh mulai 18 Juli 2022 sampai dengan 20 Juli 2022. Sidang diikuti oleh 138 dari 139 mahasiswa yang melakukan PKP. Sidang dilakukan secara online melalui platform ZOOM Cloud Meetings yang terbagi dalam 5 sesi dan 5 breakout room di setiap harinya. Dimana setiap sesinya memakan waktu selama 60 menit; dengan alur dimulai dari pembukaan sidang oleh pembimbing, dilanjutkan dengan presentasi dari mahasiswa selama 10 menit, dan di waktu sisanya adalah tanya jawab oleh para penguji.

Sesi Tanya Jawab Sidang PKP 116 FPPsi

“Awalnya deg-degan karena ada pergantian dosen pengujinya, tapi setelah dibuka dengan becanda oleh pemimpin sidang jadinya santai banget. Begitu juga saat sesi tanya jawabnya. Ternyata tidak semenakutkan yang dibayangkan, malah beneran lebih ke arah sharing dan saya jadi dapet pesan dan ilmu juga dari pembimbing dan penguji untuk ke masa yang akan datang khususnya ketika beneran terjun di dunia kerja nanti hehe“, tutur Dani sebagai salah satu peserta sidang saat ditanya apa yang dirasakan saat mengikuti sidang PKP.

[sf/sf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *