3H2M: Perintisan Kerja sama dan Silaturahim Keluarga Besar FPPsi UNJ ke Yogyakarta

WebPsi, YOGYAKARTA — Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) melakukan kegiatan kunjungan sekaligus kegiatan pengakraban civitas ke kota Yogyakarta dan Magelang dari tanggal 9-11 Juni 2022. Perjalanan ini adalah kegiatan kali pertama keluar kota bersama setelah lebih dari dua tahun tidak dilakukan karena adanya pandemik Covid-19. Civitas akademika baik dosen maupun tenaga kependidikan turut serta dalam acara ini. Perjalanan tiga hari dua malam ini tidak hanya bertujuan untuk kunjungan perintasan kerja sama, namun juga sekaligus kegiatan untuk membangun keakraban dan semakin mengeratkan tali silaturahim di antara civitas.

Pemberian Souvenir dari FPPsi UNJ untuk FPsi UII

Rentetan kegiatan ini dimulai dengan berkumpulnya rombongan FPPsi UNJ di Bandara Soekarno Hatta pada 9 Juni 2022 pada dini hari, dikarenakan jadwal pesawat yang terbang pukul 06.00 WIB. Rombongan tiba di bandara baru Yogyakarta International Airport sekitar pukul 07.15 WIB dan langsung meluncur ke Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia (FPsi UII) untuk melakukan kegiatan perintisan kerja sama. Perwakilan dari fakultas yang terdiri dari dekanat, perwakilan dosen, dan perwakilan tenaga kependidikan disambut baik oleh pihak dekanat dan prodi dari FPsi UII. Kegiatan tesebut dimulai dengan penyambutan oleh dekan FPsi UII dan paparan mengenai profil FPsi UII oleh koorprodi. Dalam paparannya diinformasikan juga mengenai akreditasi, kegiatan perkuliahan, dan kemahasiswaan yang berjalan di FPsi UII. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium psikologi serta penandatanganan kerjasama bidang akademik dan kemahasiswaan antara FPPsi UNJ dan FPsi UII. Kegiatan kunjungan ini ditutup dengan menikmati ramah tamah yang telah disiapkan oleh pihak FPsi UII.

Foto Bareng Pihak FPPsi UNJ dengan Pihak FPsi UII

Tidak semua rombongan mengikuti kunjungan tersebut, peserta lainnya menunggu dan menikmati santapan yang telah disediakan di rumah makan. Dengan menu spesial kopi arang serta minuman dan makanan lain khas Yogya seperti mawut, kue, gudeg, dll. Semua rombongan peserta juga menghabiskan waktu istirahat, beribadah, serta makan siang di rumah makan tersebut. Kegiatan ini menjadi ajang untuk mengakrabkan diri sembari bersantap ria.

Kegiatan wisata pertama setelah kunjungan adalah Heha Sky View salah satu tempat wisata baru yang memperlihatkan indahnya kota Yogyakarta dari perbukitan Pathuk Gunung Kidul. Di tempat ini rombongan dapat menikmati pemandangan, mengambil gambar, serta menikmati santapan ringan. Setelah puas dengan Heha Sky View rombongan kembali untuk beristirahat, makan malam di hotel yang berada sekitar Tugu Yogyakarta. Rombongan juga dapat menikmati waktu pribadinya untuk menghabiskan waktu dengan wisata di sekitar Tugu Yogya dan Malioboro.

Hari kedua 10 Juni 2022 kegiatan kunjungan dan pengakraban civitas dimulai di pagi hari. Rombongan diajak untuk berkegiatan di Kota Magelang untuk menikmati wisata di sekitar wilayah Borobudur dengan menggunakan mobil VW kuno. Rombongan dibagi menjadi beberapa mobil VW dalam tour ini, selama perjalanan rombongan dibawa mengunjungi UMKM warga yaitu peternakan lebah madu dan pengolahan jamur. Selama VW Tour, rombongan dapat menikmati sejuknya udara Magelang, melihat hamparan sawah, perbukitan, dan melihat Borobudur dari kejauhan. Setelah VW Tour selesai, rombongan disuguhkan dengan makanan khas Jawa Tengah seperti gudeg, garang asem, beserta makanan lainnya.

Keluarga Besar FPPsi UNJ

Kegiatan hari kedua diteruskan dengan perjalanan ke objek wisata Ketep Pass yang berada di puncak gunung Ketep di daerah Sawanagan, Magelang. Ketep Pass menyajikan beberapa objek wisata seperti museum gunung Merapi yang dilengkapi dengan cinema sejarah meletusnya gunung Merapi selama beberap waktu belakangan. Ketep Pass juga menyajikan udara yang sejuk dan wisata panorama gunung Merapi dan Merbabu sekaligus. Rombongan dapat menikmati panorama tersebut dengan bantuan teropong pemandangan. Kunjungan ke Ketep Pass menutup perjalanan rombongan di wilayah Magelang. Dalam perjalanan rombongan dibawa untuk mengunjungi tempat makan yang terkenal dengan santapan yang berbahan dasar jamur yaitu ‘Jejamuran’. Rombongan menikmati berbagai hidangan olahan jamur yang lezat mulai dari jamur crispy, sayur jamur, semur jamur, dll. Setelah mengisi asupan energi rombongan dibawa untuk mengunjungi tempat membeli oleh-oleh yang sedang terkenal di Yogyakarta. Selesai membeli oleh-oleh, rombongan dipersilakan acara bebas untuk dapat menikmati kota Yogyakarta secara bebas.

Keluarga Besar FPPsi UNJ

Hari ketiga adalah hari terakhir perjalanan rombongan Civitas FPPsi UNJ. Setelah rombongan menikmati sarapan yang disediakan oleh Hotel, rombongan bersiap untuk check out. Rombongan bertolak dari hotel sekitar pukul 08.00 WIB dan meninggalkan kota Yogyakarta selanjutnya menuju Yogyakarta international Airport untuk kembali ke Jakarta. Perjalanan tiga hari dua malam ini diakhiri dengan sampainya rombongan di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 14.00 WIB dan selanjutnya berpisah untuk kembali ke kediaman masing-masing.

[AQ/sf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *