Wawancara Eksklusif dengan Koordinator Program Studi Psikologi: Di Balik Keberhasilan Mahasiswa FPPsi UNJ di IISMA

WebPsi, JAKARTA —Wawancara dengan Koordinator Program Studi (Prodi) FPPsi UNJ, Dr.phil. Zarina Akbar, M.Psi dilakukan melalui media WhatsApp secara texting. Tujuan dilakukannya wawancara singkat ini adalah untuk menguak di balik layar kesuksesan FPPsi dan Prodi Psikologi UNJ yang telah berhasil mendorong mahasiswanya meraih Program Beasiswa IISMA di berbagai Universitas di luar negeri

Koordinator Program Studi Psikologi UNJ

Apa bentuk/hal yang dilakukan prodi untuk memfasilitasi mahasiswa yang akan mengikuti program tersebut hingga dapat menempatkan 3 wakilnya di program IISMA?

Sebelum memfasilitasi mahasiswa, Prodi Psikologi mencari dan mengumpulkan mahasiswa yang berpotensi dan berminat dengan Program IISMA, salah satunya melalui database Tes TOEP dari UPT Bahasa UNJ. Setelah dikumpulkan dalam grup WA untuk memudahkan koordinasi dan pembagian info, pendampingan berikutnya membantu mahasiswa dalam memilih kampus tujuan dan courses yang akan diambil.

Pada proses melengkapi dokumen administratif, Prodi mendampingi terutama terkait koordinasi dengan unit-unit UNJ di luar Prodi. Bidang Akademi dan Kemahasiswaan (Akamawa) FPPsi bekerja sama dengan pihak Bakhum UNJ dalam pencetakan pra transkrip. Untuk pembuatan surat-surat rekomendasi dan updating informasi bekerjasama dengan pihak WR3 UNJ dan KUI UNJ. Prodi juga turut dibantu oleh para Awardee (Puti Zanayya & Devara Agtwanadien).

Rekomendasi kesiapan mental para mahasiswa juga difasilitasi oleh pihak Kantor Urusan Internasional Universitas Negeri Jakarta (KUI UNJ) bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan Konseling (UPT LBK) UNJ dengan mengadakan Asesmen Psikologis.

Dalam mempersiapkan essay, Prodi mengundang alumni Maryam Qonita (2013) dan para awardee untuk sharing dan pendampingan dalam penulisan essay mahasiswa. Dan terakhir, Prodi bekerja sama dengan WD3 FPPsi dan dosen-dosen Psikologi (Bu Deasy dan Pak Herdiyan), serta para Awardee untuk sharing dan pendampingan praktik wawancara.

Seluruh proses melibatkan banyak pihak dan unit serta tidak lepas dari dukungan dan koordinasi dari WD3 FPPsi.

Adakah kompensasi yang akan diterima oleh para penerima IISMA?

Kompensasi yang didapatkan dengan mengikuti IISMA adalah mendapatkan kesempatan belajar langsung di Perguruan Tinggi Luar Negeri, mendapatkan ilmu dan pengalaman yang banyak,  full funding dari Kemendikbudristek-LPDP, menjadi awardee yang dapat menjadi poin bernilai di CV nya, hohoho

Pesan untuk para penerima program IISMA?

Belajar dengan baik selama menempuh perkuliahan 1 semester di perguruan tinggi luar negeri. Memanfaatkan kesempatan ini dengan sangat baik. Mencari ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Menjaga nama baik Psikologi UNJ dan Indonesia.

Setelah pulang sharing ilmu dan pengalaman ke adik-adiknya di Psikologi UNJ Kampus Halimun dan ikut mendampingi IISMA UNJ tahun depan yaa hohohoo

[sf/sf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *