Yang Dinanti dan Hadir Kembali: Program Pengembangan Soft Skills di Dunia Kerja FPPsi UNJ

Mahasiswa harus memiliki 5 mental sukses di masa depan, yaitu disiplin, kreatif, analitis, saling menghormati, dan pemikiran etis

Prof.Dr. Yufiarti, M.Si

WebPsi, JAKARTA — Agenda pengembangan soft skills di dunia kerja bagi mahasiswa kembali diselenggarakan oleh Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta  (FPPsi UNJ) pada hari Sabtu, 12 Maret 2022. Acara tersebut merupakan salah satu agenda rutin FPPsi yang dirancang untuk membekali para mahasiswa yang akan menjalankan Praktik Kerja Psikologi (PKP) Semester 116 pada khususnya dan memberi wawasan tentang dunia kerja pasca kampus pada umumnya. Acara yang dihadiri oleh 139 mahasiswa tersebut berlangsung secara lancar dan menyenangkan karena para pengisi acara yang hadir adalah dosen dan alumni FPPsi UNJ yang sudah berkiprah di berbagai tempat. Acara yang kental dengan nuansa kekeluargaan itu banyak menceritakan tentang pengalaman para narasumber di dunia kerja.

Pembekalan Praktik Kerja Psikologi FPPsi UNJ 116

Acara dibuka tepat waktu pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas, para dosen, dan mahasiswa. Dalam sambutannya, Prof.Dr. Yufiarti, M.Si., selaku Dekan FPPsi UNJ, menyampaikan bahwa pengembangan soft skills adalah hal yang sangat penting pada era saat ini. Beliau menekankan pada mahasiswa untuk memiliki 5 mental sukses di masa depan, yaitu disiplin, kreatif, analitis, saling menghormati, dan pemikiran etis. Acara selanjutnya adalah pengantar dari Koordinator PKP Prodi Psikologi FPPsi UNJ, Dr. Iriani Indri Hapsari, M.Psi., Psikolog, yang memberi arahan supaya acara ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi para mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri secara maksimal saat menjalankan proses PKP.

Pada sesi pertama, para mahasiswa diajak berdiskusi mengenai Services Excellent in Workplace bersama 3 orang narasumber, yaitu Adhissa Qonita, M.Psi., Psikolog (dosen Program Studi Psikologi FPPsi UNJ), Nadia Rosaline, S.Psi. (alumni FPPsi 2011, Trainer Learning and Development International E-Commerce Company), dan Prilita Septiviani, S.Psi. (alumni FPPsi 2011, Associate Tester Assessment PPM Manajemen). Sesi yang dipandu oleh Santi Yudhistira, M.Psi., Psikolog., yang juga merupakan dosen di FPPsi, banyak membahas tentang komunikasi efektif, etika, etika dalam organisasi, dan inisiatif.

Tips Magang Sukses dari Alumni FPPsi UNJ

Selanjutnya pada sesi kedua, para mahasiswa menyimak Tips Magang Sukses dari Alumni bersama 3 orang narasumber, yaitu Muhammad Zakie Walad, S.Pd. (alumni Prodi Psikologi 2006, Kepala Sekolah Brighton Junior High School) sebagai representasi bidang peminatan Psikologi Pendidikan, Fickar Suryadiningrat, S.Psi., M.Si. (alumni FPPsi 2008, Asesor SDM Aparatur Muda BKN) sebagai representasi bidang peminatan Psikologi Industri Organisasi, dan Aditya Gunawan, M.Psi., Psikolog (alumni FPPsi 2010, Psikolog Klinis) sebagai representasi bidang peminatan Psikologi Klinis. Sesi kedua ini dipandu oleh Susan, S.Psi. yang juga merupakan alumni FPPsi 2012. Peserta tampak sangat antusias dan banyak memberi pertanyaan diskusi kepada para narasumber.

Sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan, dilakukan pemberian sertifikat secara simbolis untuk seluruh pengisi acara dan dilanjutkan dengan foto bersama. Keseluruhan acara berlangsung lebih kurang dua jam tiga puluh menit dengan berbagai ucapan apresiasi serta testimoni yang positif.

[HM/Ed/sf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *