Profil Fakultas

Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPSI) merupakan unsur pelaksana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan pengembangan ilmu psikologi.

Fakultas Pendidikan Psikologi adalah Fakultas Termuda yang ada di Universitas Negeri Jakarta yang didirikan pada tahun 2016. Fakultas Pendidikan Psikologi ini adalah pengembangan dari Program Studi Psikologi FIP UNJ.

Fakultas Pendidikan Psikologi mengembangkan ilmu psikologi melalui pengkajian keilmuan yang dilakukan oleh program studi, Laboratorium dan pusat kajian di lingkungan Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta.

Fakultas Pendidikan Psikologi  memiliki tujuan yakni menghasilkan lulusan-lulusan psikologi yang profesional, menghasilkan karya-karya penelitian pada bidang psikologi, menghasilkan karya-karya inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, dan menghasilkan kemitraan yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak terkait (stakeholders).

Fakultas Pendidikan Psikologi yang menaungi program studi psikologi telah berakreditasi A berdasarkan BAN-PT  Nomor 823/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018  dengan masa terhitung 20 Maret 2018 – 20 Maret 2023).

Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta melakukan kerjasama dengan berbagai instansi guna meningkatkan kualitas lulusan psikologi melalui program mahasiswa tingkat akhir untuk melakukan praktik kerja psikologi (PKP) maupun kerja sama dalam layanan psikologis.

Kerja sama yang dilakukan oleh Fakultas Pendidikan Psikologi antara lain dengan rumah sakit, institusi pemerintahan, dan organisasi swasta. Kerjasama dengan rumah sakit antara lain yaitu RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RS Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta, RS Jiwa Bogor, RS Islam Cempaka Putih. Kerjasama dengan institusi pemerintah yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Mahkamah Konstitusi, Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Lembaga Pemasyarakatan Tangerang. Kerjasama dalam dengan organisasi swasta antara lain yaitu  Garuda Indonesia – GMF Aero Asia, Perusahaan Listrik Negara, Garuda Indofood, Tbk., PT Mitra Adi Perkasa, Tbk dan ISCO – International StreetChildrenOrg.