Sejarah Singkat

Kampus UNJ memiliki sejarah yang panjang. Terkenal sebagai kampus negeri satu-satunya di ibu kota, membuat UNJ menjadi salah satu kampus bergengsi yang setiap tahunnya selalu meningkat jumlah lulusan SMA untuk menimba ilmu di kampus ini. Pada tahun 1964 UNJ merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bernama IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) yang kemudian berubah menjadi UNJ pada tahun 1999 berdasarkan Keppres 093/1999 (unj.ac.id). Perubahan ini memungkinkan UNJ mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan.

Perubahan ini disambut dengan munculnya beberapa program studi dan fakultas baru di lingkungan UNJ. Salah satunya yaitu Fakultas Pendidikan Psikologi yang kemudian disebut FPPsi. FPPsi merupakan fakultas termuda di UNJ. FPPsi bertransformasi dari program studi psikologi yang sebelumnya merupakan program studi psikologi pendidikan. Lahir pada tanggal 5 Februari 2016, berdasarkan Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kelola Universitas Negeri Jakarta secara resmi program studi psikologi menjadi sebuah fakultas (psikologi.unj.ac.id).

Tahun 2004 merupakan awal dibukanya program studi psikologi pendidikan berdasarkan SK Dikti: 269/DIKTI/KEP/2000 yang ketika itu menghasilkan lulusan dengan gelar S.Pd. (Sarjana Pendidikan) berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan. Kemudian pada tahun 2008 program studi psikologi pendidikan bertransformasi menjadi program studi psikologi berdasarkan SK Dikti: 4289/D/T/2008 yang ketika itu menghasilkan lulusan dengan gelar S.Psi. (Sarjana Psikologi) namun masih berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan. Tahun 2016 ini merupakan tahun lahirnya fakultas psikologi yaitu FPPsi dengan program studi psikologi yang tentunya menghasilkan lulusan psikologi dengan gelar S.Psi.

Mungkin teman-teman bertanya, “kok namanya Fakultas Pendidikan Psikologi?” pertanyaan ini sangat mudah untuk dijawab, yaitu agar kekhasan UNJ yang merupakan kampus pendidikan tidak hilang dalam keilmuan psikologi ini. Jika teman-teman juga bertanya tentang akreditasi program studi ini, program studi psikologi mendapat peringkat B berdasarkan SK BAN PT Nomor 003/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013 yang saat ini dalam proses reakreditasi semoga mendapat peringkat A ya teman-teman. Kampus UNJ mendapat peringkat A berdasarkan SK BAN PT Nomor 763/SK/BAN-PT/VII/2015 yang masih berlaku sampai tahun 2020. Makin banggakan menjadi mahasasiswa UNJ khususnya fakultas FPPsi.

Seiring berjalannya waktu banyak sudah prestasi yang dicatat oleh mahasiswa dan mahasiswi psikologi, baik lokal, nasional, maupun internasional. Sepertinya tidak ada alasan bagi teman-teman untuk tidak berprestasi di kampus ini khususnya di program studi psikologi. Maka berkaryalah selagi kita bisa dan mampu dengan sekuat tenaga serta sepenuh hati. (\e)