ALUMNI

PROFIL

Gagasan tentang pentingnya sebuah wadah yang dapat menampung aspirasi lulusan Psikologi Universitas Negeri Jakarta, beberapa lulusan (alumni) tergerak untuk membentuk sebuah ikatan. Bukan hanya aspirasi saja namun keinginan untuk ikut menjadi bagian dan berkontribusi untuk kemajuan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuat gagasan ini semakin perlu untuk dibentuk. Semangat beberapa alumni telah membuat gagasan ini menjadi sebuah kenyataan.
Pada tanggal 30 Maret 2013 merupakan hari dan tanggal yang bersejarah bagi sebuah ikatan lulusan alumni Psikologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Provinsi Jawa Barat di Villa Bogor Cimacan merupakan saksi terbentuknya wadah ini. Ikatan Alumni Psikologi Universitas Negeri Jakarta atau yang kemudian disebut ILUMPSI secara resmi telah dibentuk. Alumni yang hadir merupakan pionir yang tercatat dalam sebuah sejarah lahirnya ILUMPSI. Alumni yang menjadi pionir yaitu Erik, Alwinansyah Farnas, Setia Budi, Fickar Suryadinningrat, Fitrah Imanuddin, M. Kharisma G, M. Arif Purwanto, Dessy Lestari, Disa Dwi F, Nurhasyanah, Ria Kurniawati, Kamilia Asmarani, Lina Febrina, Rizky Rosalinda, Duwi Nuryani, Jessica Tampubolon, dan Rosliyanti.
Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 30 Maret 2013 terfokus pada pembentukan AD/ART ILUMPSI serta beberapa perihal yang diatur agar organisasi ini dapat berdiri sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Mengatur perihal kepengurusan, program kerja dan tentunya mekanisme pemilihan ketua. Pada kesempatan ini saudara Erik menjadi ketua pertama untuk memimpin ILUMPSI dan rekan-rekan alumni yang mengisi beberapa pos bidang kegiatan, tidak banyak memang kegiatan yang dapat dilakukan karena keterbatasan alumni mengingat ketika itu Psikologi masih merupakan Program Studi baru yang belum banyak memiliki lulusan.

ILUMPSI memiliki beberapa tujuan diantaranya menghimpun seluruh alumni psikologi UNJ, melalui pendataan lulusan. Berkontribusi terhadap kemajuaan program studi psikologi yang saat ini telah menjadi Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ. Berkontribusi terhadap masyarakat dengan keilmuan yang telah diraih semasa kuliah. Berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan Negara.
ILUMPSI merupakan mitra bagi Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ, kerjasama terkait kemajuan bersama telah beberapa kali dilakukan. ILUMPSI baru-baru ini telah memiliki sekretariat yang resmi yang disediakan oleh pihak Fakultas Pendidikan Psikologi, dengan demikian diharapkan kerjasama yang dapat dilakukan akan semakin mudah dilaksanakan.
Sejak ILUMPSI berdiri tidak terlalu banyak kegiatan yang dapat dilakukan, kegiatan yang pernah dilakukan yaitu pengisian data base setiap alumni ketika inagurasi fakultas, kegiatan buka buka puasa bersama, kegiatan kerjasama dengan pihak fakultas terkait tracer study, kegiatan seminar dan workshop serta kegiatan sharing session. Beberapa kegiatan tersebut dilakukan dalam kurun watu tiga tahun terakhir ini. Pada tahun ini diharapkan semakin banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran ILUMPSI terhadap peningkatan kualitas alumni Fakultas Psikologi Pendidikan UNJ.

NARAHUBUNG
@ILUMPSIUNJ