Psychology Expo UNJ 2017 : Flying Through the Mind

Psychology Expo UNJ 2017 : Flying Through the Mind

Psychology Expo UNJ 2017 : Flying Through the Mind

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (BEM FPPsi UNJ) baru saja menyelesaikan rangkaian Psychology Expo 2017 pada 25 November 2017. Psychology Expo 2017 adalah acara tahunan yang diadaan BEM FPPsi dan pada tahun ini bertemakan “INTER STELLAR : Flying Through The Mind”. Rangkaian ini terdiri dari Futsal Competition, Ratoeh Jaroe, dan ada yang baru di tahun ini yakni Lomba Cerdas Cermat serta ditutup oleh Seminar Nasional bertajuk EMOSI (Prevent Mood Disorder with Positive Psychology).

Rangkaian pertama yaitu Futsal Competition yang dihelat pada 6-10 November di Gelanggang Olaharaga Ciracas Jakarta Timur. Peserta terdiri dari 11 SMA se-Jabodetabek dan 9 perguruan tinggi mulai dari UNJ, Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Malang, dan lain-lain. Final diadakan hari Jumat dan SMA Cendrawasih pulang dengan predikat juara dari tingkat SMA begitupun UPI YAI dari tingkat perguruan tinggi. Sabtu 18 November 2017 berlokasi di Kampus D UNJ Halimun Lomba Cerdas Cermat digelar. Para peserta bertarung untuk meraih skor paling tinggi dan perguruan tinggi asal Bandung, Universitas Padjajaran tim B berhasil mengumpulkan skor terbanyak diikuti oleh YARSI tim A dan tuan rumah UNJ di posisi ketiga. Esok harinya para penari saman berlomba dalam ajang Ratoeh Jaroe yang dengan bertempat di Aula Bung Hatta Kampus A UNJ Rawamangun dan Universitas Indonesia berhasil tampil sebagai juara di ajang ini. Puncak dari rangkaian Psychology Expo 2017 adalah Seminar Nasional yang diadakan di Graha Pondok Pinang, Sabtu 25 November 2017. Pembicara pertama adalah Vindy Ariella yaitu Founder Bipolar Care Indonesia yang membahas tentang apa itu bipolar, penyebabnya dan memperkenalkan kepada peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa tentang komunitas yang ia dirikan. Pembicara kedua adalah seorang artis cantik yang membagikan pengalamannya berjuang dengan bipolar yang dihadapinya yakni Marshanda. Pembicara pamungkas adalah ahli psikologi positif, Prof. Dr. Abdul Mujib, M. Ag., M. Si. yang membahas tentang bagaimana psikologi positif dapat membantu mencegah mood disorder yang rentan dialami generasi di zaman modern ini. Peserta yang hadir sangat antusias dengan pemaparan para pembicara dan banyak mengajukan pertanyaan.

Acara ini bertujuan untuk menyalurkan bakat-bakat peserta melalui perlombaan yang dilaksanakan dan wujud pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran dengan adanya seminar. (\tl)