Mental Health Week 2017 DEPRESSION: Let’s Talk, Let’s Play and be Aware!

Mental Health Week 2017 DEPRESSION: Let’s Talk, Let’s Play and be Aware!

Mental Health Week 2017 DEPRESSION: Let’s Talk, Let’s Play and be Aware!

 

Tahukah kamu, pada tahun 1992 WHO menetapkan tanggal 10 Oktober sebagai World Mental Health Day (Hari Kesehatan Mental Sedunia). WHO menyebutkan bahwa depresi menjadi penyebab utama masalah kesehatan  diseluruh dunia.Untuk memperingati hal tersebut Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) mengadakan kegiatan Mental Health Week dengan tema “Be Aware (Bersama Lawan Depresi).” Mental Health Week terdiri dari Satu Hari Berbagi Cinta (SHBC), Campaign (Hit The Road), Seminar dan Penyuluhan.

Rangkaian pertama dari Mental Health Week adalah Satu Hari berbagi Cinta (SHBC) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 September 2017. Kami mengajak anak-anak pra-sejahtera untuk bermain di sebuah taman bermain edukatif, yaitu PINISI Edutaiment Park yang terletak di daerah Blok M, Jakarta Selatan. Mereka dapat mencoba berbagai wahana, termasuk kelas-kelas dengan materi yang bermanfaat. Peserta terlihat sangat antusias. Kami senang dapat berbagi kebahagiaan bersama anak-anak ini.

Kegiatan selanjutnya adalah kampanye sosial dimana kami terjun langsung ke masyarakat untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai seberapa pentingnya kesehatan mental. Kampanye ini dilaksanakan saat Car Free Day 15 Oktober 2017. Pada saat itu, kami membagikan kipas yang berisi infografis mengenai depresi dan memberi penyuluhan singkat tentang penyebab depresi, gejala depresi, cara mencegah depresi, dan cara mengatasi depresi. Selain itu, kami membuka standbooth di depan Menara BCA. Kami mengajak masyarakat untuk menulis surat kecil berisi pesan yang ingin disampaikan kepada seseorang lalu ditempel di standbooth kami. Kami juga mengajak mereka untuk menempelkan perasaan yang sedang mereka rasakan dengan stiker emoji dan menuliskan alasannya.

Seminggu kemudian (21/10) kami menggelar seminar dengan tema cyberbullying yang berkolaborasi dengan champaign.com. Berlokasi di Aula lantai 1, Kampus D UNJ, peserta disuguhkan dengan materi yang disampaikan oleh Ahmad Aziz (Community Engagement Officer Champaign.com), Benny Prawira Siaw (Founder Into The Light Indonesia), dan Dr. Gumgum Gumelar F.R., M.Si (Wakil Dekan 1 FPPsi UNJ). Peserta dapat bertanya langsung kepada narasumber dan mendapatkan banyak informasi mengenai depresi, cyberbullying, dan bagaimana melawan serta menyikapinya.

Terakhir yaitu penyuluhan yang bertemakan Depresi. Penyuluhan ini diadakan di sebuah Rusunawa yang terletak di Pulogebang, Jakarta Timur. Peserta yang terdiri dari ibu-ibu ini terlihat sangat antusias mengikuti penyuluhan. Mereka juga sangat bersemangat mendengarkan materi yang dibawakan oleh dosen Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ yaitu Erik, M.Si dan sangat aktif bertanya sekaligus bercerita. Setelah itu, dilaksanakan sesi konseling kelompok yang dibimbing beberapa perwakilan dari ILUMPSI (Ikatan Alumni Psikologi) UNJ.

Tujuan Mental Health Week 2017 adalah sebagai wadah bagi mahasiswa psikologi untuk terjun  ke masyarakat guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Mental Health Week 2017 mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat baik dari pihak internal Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ maupun pihak eksternal, para donatur, dan media partner. Finally, it’s never too late to start doing good thing and taking care of our own mental health is the best thing that we can do now!  (\ma)