Klinik PKM: Yuk Jadi Peneliti Asyik dan Jempolan!

Klinik PKM: Yuk Jadi Peneliti Asyik dan Jempolan!

Klinik PKM: Yuk Jadi Peneliti Asyik dan Jempolan!

 

Pada tanggal 20 Oktober 2017, Departemen Pendidikan dan Penelitian BEM FPPsi mengadakan Klinik PKM bertajuk “Ger-Geran” yang merupakan singkatan dari Gerakan Gema Research Asyik dan Jempolan. Klinik ini merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk mengikuti PKM, karena pada klinik ini diberikan berbagai informasi tentang PKM yang akan diadakan nanti.

Klinik PKM ini diadakan di Aula Bung Hatta, lantai dua Gedung Pasca Sarjana UNJ. Dimulai pukul delapan pagi, acara ini dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Ibu Happy Karlina Marjo membahas tentang serba-serbi PKM, mulai dari jenis dan bentuk PKM, tahapan pelaksanaan PKM mulai dari pengunggahan proposal hingga sampai ke PIMNAS.

Sesi kedua membahas tentang tips dan trik lolos PKM dengan pemateri Ibu Lina Miftahul Jannah. Di sesi ini, Ibu Lina membagikan berbagai tips dan trik tentang apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan jika ingin PKM yang diajukan lolos hingga ke PIMNAS. Ibu Lina juga membahas beberapa kesalahan yang sering ditemukan pada proposal yang akan diikutsertakan pada PKM.

Sesi terakhir merupakan sesi sharing bersama Kak Cita Handayani dan Bang Fachrurozi sebagai perwakilan mahasiswa yang telah mengikuti PKM. Disini Kak Cita dan Bang Fachrurozi membagikan pengalaman mereka selama mengikuti PKM, keuntungan mengikuti PKM, dan berbagai manfaat yang didapatkan jika kita mengikuti PKM. Tak hanya PKM, Kak Cita juga membagikan pengalamannya mengikuti perlombaan tentang penelitian hingga keluar negeri. Dengan adanya sesi sharing ini, diharapkan para peserta Klinik bisa semakin termotivasi untuk mengikuti PKM.

Mengikuti PKM dan kegiatan penelitian lainnya tak hanya memberikan pengalaman berharga saja, tetapi juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan, serta membuka cara pikir kita terhadap sesuatu yang baru. Tak hanya itu, mengikuti PKM juga membuat kita mendapatkan pengalaman penelitian sebelum skripsi! (/fm)