PKMP 2017: Bagai Lentera yang Memberi Manfaat

PKMP 2017: Bagai Lentera yang Memberi Manfaat

PKMP 2017: Bagai Lentera yang Memberi Manfaat

 

Salah satu kegiatan yang harus diikuti oleh para mahasiswa baru dan merupakan acara puncak dari rangkaian Kaderisasi Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ adalah Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi (PKMP). Setiap tahun, PKMP memang selalu dilaksanakan dalam rangka melatih jiwa kepemimpinan para peserta yang umumnya merupakan mahasiswa baru Psikologi UNJ. Pada tahun ini, kegiatan PKMP dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 Oktober 2017 di Villa Khalifah, Cigombong, Bogor.

Kegiatan PKMP tahun ini bertemakan “Lentera” yang memiliki makna menerangi, kebersamaan, dan perjuangan. Diharapkan, para mahasiswa baru Psikologi 2017 yang mengikuti PKMP tahun ini dapat berproses, bermanfaat, mandiri, aktif, bertanggung jawab, dan jika mereka bersama, dapat memperindah suasana seperti sebuah lentera.

Selama tiga hari berturut-turut para peserta mendapatkan berbagai materi tentang kepemimpinan dan kemahasiswaan, seperti public speaking, kepekaan sosial, serta pergerakan mahasiswa. Tak hanya duduk diam dan mendengarkan pemateri berbicara, para peserta juga diajak memecahkan studi kasus, diskusi kelompok, melakukan roleplay, dan lain sebagainya. PKMP tidak hanya digunakan sebagai pembekalan mahasiswa baru dalam menempuh perkuliahan, tetapi juga merupakan ajang untuk menjalin kedekatan dengan satu angkatan.

Dari PKMP ini, para peserta diharapkan dapat menerima materi selama tiga hari untuk mengembangkan diri menjadi mahasiswa yang bermanfaat bagi dirinya, lingkungan sekitar, maupun masyarakat luas. (/fm)