Pembekalan PKP Mahasiswa

Pembekalan PKP Mahasiswa

Pada hari Rabu 30 Mei 2017, diselenggarakan pertemuan pembekalan PKP (praktik kerja psikologi). Peserta PKP tahun ini yaitu angkatan 2014 yang tediri dari 3 kelas, saat ini mereka berada di tahun ke-3 atau semester 6. PKP merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib dilakukan oleh semua mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ. Tujuan PKP sebenarnya untuk memberikan kesempatan mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari dalam lingkungan yang nyata. Bidang kerja yang tersedia di PKP meliputi, bidang psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan organisasi, Media, Klinis Anak. Mahasiswa diberi kebebasan untuk memiliki bidang kerja yang akan dijalani selama PKP, dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dalam panduan PKP. Persyaratan utama adalah mereka akan melaksanakan PKP di bidang psikologi di institusi tersebut, tidak melakukan pekerjaan lain diluar bidang psikologi. Pembekalan PKP bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai syarat dan ketentuan pelaksanaan PKP di Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ. Selain itu, Ibu Irma Rosalinda, M.Si, sebagai koordinator pelaksanaan PKP juga menjelaskan mengenai tahapan dan langkah-langkah yang harus dijalani oleh mahasiswa dalam melaksanakan PKP. Penjelasan dari bu Irma ditutup dengan penayangan tentang format laporan PKP yang standar.

Acara berikutnya adalah presentasi dari beberapa senior, yaitu mahasiswa angkatan 2013 (semester 8), mengenai kegiatan PKP yang sudah dijalaninya. Sesi berbagi ini diwakili oleh beberapa mahasiswa dengan bidang kerja yang berbeda-beda. Dimulai dari bidang kerja di Biro Psikologi, yang menjelaskan mengenai pengalaman dan tugas yang dilakukan selama PKP. Kemudian bidang psikologi Pendidikan, yang mengambil tempat kerja di sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus, pada sesi ini ia juga menjelaskan mengenai kesulitan-kesulitan yang mungkin akan dihadapi ketika PKP. Selanjutnya penjelasan oleh mahasiswa yang menjalakan PKP di bidang media, pada sesi ini mahasiswa juga menjelaskan mengenai cara yang sesuai untuk melamar pekerjaan dan sikap yang harus dibangun selama PKP ditempat atau institusinya. Penjelasan selanjutnya adalah PKP di bidang Klinis,yang kali ini mahasiswa berbagi mengenai tugasnya selama di Rumah sakit Jiwa. Terakhir adalah penjelasan mengenai bidang kerja PIO, yang diwakili oleh mahasiswa yang PKP di salah satu maskapai penerbangan di Indonesia.

Dengan mendengarkan penjelasan dari koordinator dan beberapa testimoni dari senior-senior yang sudah menjalankan PKP, diharapkan mahasiswa yang akan menjalani PKP akan mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh dan mampu menjalani PKP dengan baik dan optimal. Selain itu juga dapat mengambil manfaat yang positif dari apa yang dilakukan. (\dkw)