[SINOPSIS BUKU] Psikologi Komunikasi dan Persuasi

[SINOPSIS BUKU] Psikologi Komunikasi dan Persuasi

Buku psikologi komunikasi dan persuasi ditulis pada tahun 2013 oleh Herdiyan Maulana dan Gumgum Gumelar. Awalnya buku ini ditujukan sebagai diktat mata kuliah psikologi komunikasi di Prodi Psikologi UNJ. Namun demikian dikarenakan masih langka nya buku yang membahas aspek psikologi dari proses komunikasi dan persuasi maka penerbit Indeks Akademia tertarik untuk mempublikasikan buku ini secara lebih luas. Saat ini buku ini sudah masuk di cetakan kedua dan terus digunakan sebagai acuan pada kajian2 ilmu komunikasi dan psikologi di beberapa universitas.

Buku ini berisi bagian-bagian yang menjelaskan hakikat dasar komunikasi dan persuasi berdasarkan perspektif psikologis, termasuk proses-proses dasar psikologis apa saja yang melatarbelakangi terjadinya proses komunikasi. Selain itu, proses fisiologis yang menjadi bagian penting dalam proses ini juga ikut disertakan. Pembahasan selanjutnya dalam buku ini adalah penjelasan tentang dinamika proses komunikasi pada tingkatan yang berbeda, seperti pada komunikasi antarindividu, komunikasi kelompok dan massa serta hambatan-hambatan yang berpotensi muncul dalam proses komunikasi.

Pada akhir buku ini dipaparkan tentang perkembangan terkini kajian psikologi komunikasi dan persuasi dengan berbasiskan media dan teknologi, di mana ini merupakan kajian penting yang perlu diperhatikan bagi para praktisi dan ahli di bidang ini dalam memahami proses komunikasi dan persuasi secara lebih mendalam.
Walaupun pada awalnya buku ini dipersiapkan sebagai buku ajar perkuliahan, namun banyak hal lainnya di dalam buku ini yang terkait dengan kajian komunikasi dan persuasi dalam perspektif psikologi yang juga penting bagi para praktisi dan ahli psikologi komunikasi*

Selamat menikmati.
HM & GG
Disadur dari deksripsi penerbit Indeks Akademia.