Kiprah Fakultas Pendidikan Psikologi dalam Dies Natalis UNJ Ke-53

Kiprah Fakultas Pendidikan Psikologi dalam Dies Natalis UNJ Ke-53

Kiprah Fakultas Pendidikan Psikologi dalam Dies Natalis UNJ Ke-53

Ada yang berbeda dalam acara Dies Natalis UNJ ke-53 tahun ini. Selain karena agenda acaranya yang lebih kental dengan nuansa akademik, juga karena ikut berpartisipasinya Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) dalam hajatan tersebut. Keikutsertaannya pun tidak tanggung-tanggung, sebab sebagai salah satu fakultas baru ia sudah berani menyelenggarakan 2 acara besar secara simultan. Acara tersebut adalah seminar berskala nasional dan ikut berpartisipasi dalam Riset Expo.

Untuk seminar nasional, diselenggarakan di Gedung Dewi Sartika, Aula Maftuhah UNJ pada hari rabu 24 Mei 2017. Seminar nasional yang mengangkat tema “Psikologi Positif untuk Pendidikan Indonesia” tersebut dibuka oleh Prof.Dr.Djaali selaku rektor UNJ. Selanjutnya secara berturut-turut diikuti oleh sambutan dari Dr. Gantina Komalasari, M.Psi selaku Dekan FPPsi, pembacaan dan pemberian penghargaan mahasiswa terbaik, serta acara puncaknya adalah menghadirkan dua narasumber antara lain Prof.Dr.Sawitri Supardi, S.Psikolog (Guru Besar dan Dosen Unisba) dan Prof.Dr.Abdul Mujib, M.Ag (Dekan FPsi UIN Jakarta). Demi lancarnya seminar nasional tersebut, maka perbincangan ilmiahnya dipandu oleh salah satu dosen muda Psikologi UNJ yang bernama Dwi Kencana Wulan, M.Psi. Kemudian setelahnya ditutup dengan doa.

Untuk Riset Expo, dilaksanakan di Gedung Dewi Sartika, Aula Latif. Acara yang berlangsung 2 hari ini, FPPsi menampilkan berbagai karya ilmiah dan penelitian dosen, seperti buku, media psikologi, aplikasi komputer, dll. Selain itu, dalam booth yang berdekor arabian tersebut juga digelar acara movie on campus yang diprakarsai oleh komunitas pencinta dan pemerhati film di psikologi UNJ. Tidak hanya itu, booth psikologi pun mendapat kehormatan besar karena pada hari pertama, tepatnya pada tanggal 23 Mei 2017 mendapat kunjungan dari Ketua MPR RI, dirjen KEMENRISTEK DIKTI, serta Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jadi tidaklah heran kalau akhirnya FPPsi dapat menggondol penghargaan sebagai booth terunik dan penghargaan diberikan oleh Dr. Ucu Cahyana, M.Si selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Selain pameran riset dan teknologi, acara riset expo yang berhashtag #RisetItuPenting juga diisi dengan talk show ilmiah. Talk show FPPSi diisi oleh salah satu dosennya Irma Rosalinda,M.Si dengan mengusung tema tearpi film dalam psikologi.

Akhirnya, terima kasih sangat untuk semua panitia yang telah mau menyumbangkan peluh dan tenaga demi suksesnya kedua acara tersebut. And alhamdulillah we did it, because we are the blue’s team…. 😊 (/sf)

Pembukaan Semnas FPPsi oleh Rektor UNJ

Dekan FPPsi memberi sambutan SemNas Psikologi Positif untuk Pendidikan Indonesia

Pemberian Penghargaan untuk Mahasiswa Berprestasi oleh Rektor

Narasumber Semnas FPPsi

Pemberian Cindera Mata untuk Naraseumber

Narasumber with Dekan FPPsi dan Moderator

yang menggawangi Semnas FPPsi

Booth FPPsi di Riset Expo

Kunjungan Ketua MPR RI ke Booth FPPsi

yang menggawangi Booth FPPsi

The blue’s team dengan pembicara