Sepekan Aktivitas Dosen Fakultas Pendidikan Psikologi

Sepekan Aktivitas Dosen Fakultas Pendidikan Psikologi

Sepekan lalu, tepatnya di minggu ke dua di Bulan April 2017, dosen-dosen Fakultas Pendidikan Psikologi tengah disibukkan dengan aktivitas-aktivitas diluar kegiatan reguler yang dilakukan. Pada pekan kemarin, para dosen mengikuti kegiatan Pelatihan Applied Approach tahap kedua, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, wawasan serta keahlian dosen dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang tepat dan efektif. Sasaran kegiatan ini adalah membantu dosen untuk dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan sejalan dengan target pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, dosen juga diharapkan mampu menyusun bahan ajar yang akan menjadi salah satu acuan dalam proses pembelajaran. Disertai pula dengan pembekalan yang diberikan kepada dosen, agar mampu melakukan evaluasi hasil belajar yang efektif.

Pada pekan yang sama dihari yang berbeda, selanjutnya para dosen Fakultas pendidikan Psikologi mengikuti kegiatan Workshop Learning Environment Research yang diselenggarakan oleh tim Wakil Rektor IV bersama dengan LP2M UNJ dengan menggandeng salah satu Pengajar di Curtin University Perth Australia Dr Rekha Koul (Rekha) sebagai nara sumber. Bertempat di Aula Lt 8 Gedung Syafei Universitas Negeri Jakarta, workshop ini berlangsung selama 2 hari dengan target utama keluarannya adalah publikasi artikel jurnal Internasional dari para dosen peserta workshop. Hari pertama diisi dengan sesi berbagi pengetahuan dan hasil penelitian dari Dr Rekha Koul (Rekha) mengenai Learning Environtment Research (LER). Dilanjutkan dengan pembahasan alat ukur yang digunakan dalam penelitian LER pada sesi selanjutnya. Di hari kedua, fokus kegiatan adalah memberikan pengalaman mengenai analisa data Factor Analysis dengan menggunakan program SPSS 24. Disesi terakhir ditutup dengan membuat “kontrak” penelitian yang akan dilakukan oleh para peserta,dengan tema Learning Environment,yang diharapkan akan menghasilkan suatu publikasi karya ilmiah dari para dosen peserta workshop.

Berkaitan dengan Kontrak penelitian, pada hari yang sama dengan kegiatan workshop para tim dosen psikologi yang mendapatkan dana penelitian Hibah DIKTI, harus menandatangani kontrak penelitian dengan LP2M sebagai lembaga yang menaungi penelitian tersebut di UNJ. Adapun tim-tim dosen yang mendapatkan dana penelitian tersebut diketuai oleh Prof. Dr. Burhanuddin Tola; Dr Lussy Dwiutami, M.Pd; Iriani Indri Hapsari, M.Psi; Fitri Lestari Issom, M.Si. Semangat melaksanakan proses penelitian selanjutnya. (\dkw)