[SINOPSIS BUKU] Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan

[SINOPSIS BUKU] Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan

Salah satu dosen Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ, Ibu Anna Armeini Rangkuti, M.Si baru saja menerbitkan buku terbarunya, dengan judul STATISTIKA INFERENSIAL UNTUK PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN. Beliau juga merupakan dosen pengampu mata kuliah Statistika 1 dan 2. Berikut disertakan sinopsis buku beliau, dan semoga buku ini akan bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan, terutama dalam mengoptimalkan kegiatan belajar pada mata kuliah statistika, serta menjadi penyemangat untuk munculnya buku-buku baru.
Selamat Ibu Anna semoga bermanfaat dan berkah!

STATISTIKA INFERENSIAL UNTUK PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN


Penulis : Anna Armeini Rangkuti, S.Psi, M.Si
Sambutan oleh Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA (Guru Besar Psikometri Fakultas Psikologi UGM)
Penerbit : Prenada Media (anggota IKAPI)
Tahun terbit: 2017

Sinopsis

Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu tahapan dalam penelitian kuantitatif adalah menganalisis data yang diperoleh dari lapangan penelitian untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang diajukan. Pada tahapan ini pemahaman tentang Statistika Inferensial berperan penting sehingga peneliti dapat melakukan penarikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Alur di dalam buku ini memadukan konsep dan aplikasi beragam teknik pengujian hipotesis, baik dengan Statistika Parametrik maupun dengan Statistika Non-parametrik yang merupakan bagian-bagian dari Statistika Inferensial. Lebih jauh lagi, di dalam buku ini disajikan contoh-contoh aplikasi beragam konsep Statistika Inferensial dalam konteks Psikologi dan Pendidikan. Dengan demikian diharapkan dapat mempermudah pemahaman pembaca, terutama yang berkecimpung dalam bidang Psikologi dan Pendidikan.

Intinya, buku ini bertujuan membantu dosen dan mahasiswa, khususnya dalam bidang Psikologi dan Pendidikan, serta pihak lain yang melakukan penelitian kuantitatif untuk dapat memahami dan menentukan teknik uji hipotesis yang tepat dalam rangka menarik kesimpulan yang tepat secara ilmiah.