Studium Generale 2022: Find your Passion, Build your Motivation

WebPsi, JAKARTA — Akhirnya Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) melaksanakan kembali kegiatan bersama alumni. Kuliah umum –Studium Generale– dilaksanakan pada Selasa, 29 November 2022 di Aula Latief Hendraningrat Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ dengan mengundang seluruh mahasiswa angkatan 2022 sebagai peserta berlangsung dari pukul 08.30-12.00 WIB. Dalam Studium Generale kali ini, bertindak sebagai pembicara adalah Nisrina Dwi Pramara, M.Psi., Psikolog yang merupakan alumnus FPPsi UNJ angkatan 2012 dan sekarang telah berkiprah sebagai psikolog klinis.

Sambutan dari WD I – Dr. Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, M.Si

Tema yang diangkat adalah Find your Passion Build your Motivation. Tema ini dipilih karena sangat berhubungan dengan kebutuhan mahasiswa, terutama mahasiswa yang baru memulai mempelajari psikologi agar nantinya dapat lebih memahami apa yang menjadi passion dirinya. Menurut pembicara, seseorang diharapkan mengetahui apa yang menjadi passion atau ketertarikannya, sehingga dapat menemukan sendiri apa yang ingin dirinya lakukan di masa depan. Selain itu baginya, passion merupakan salah satu pendukung penting dalam menentukan masa depan seseorang, terutama bagaimana mendorong dirinya sendiri menuju apa yang diinginkan. Tidak hanya itu, sesuai dengan judulnya, passion juga dapat membuat seseorang memiliki motivasi untuk melakukan suatu hal. Dalam artian, dengan adanya passion seharusnya seseorang dapat membangun motivasinya dalam hal apa saja, termasuk belajar di perkuliahan. Ada beberapa teori psikologi yang disampaikan oleh pembicara, salah satunya teori Abraham Maslow mengenai aktualisasi diri. Harapannya dengan menemukan passion dan mendorong diri untuk terus berusaha di passion –nya tersebut, seseorang dapat mengaktualisasikan dirinya.

Pembicara – Nisrina Dwi Pramara, M.Psi., Psikolog

Kuliah umum kali ini tidak hanya diisi dengan hal teoritis saja, namun juga diramu secara apik dengan pengalaman pembicara tentang suka dukanya sebagai mahasiswa psikologi. Pembicara pun menceritakan dimana ada saat dirinya benar-benar merasa kesulitan bahkan hampir terlambat menyelesaikan studi profesinya. Namun, dengan dorongan diri dan keinginannya yang besar untuk menjadi psikolog beliau dapat bertahan dan bahkan dapat menyelesaikan tesisnya lebih cepat dari apa yang dirinya bayangkan sebelumnya. Oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan ini pembicara mengharapkan mahasiswa 2022, yang mengikuti kuliah umum sudah mulai memantapkan passionnya, terutama untuk meneruskan karirnya ke depan di bidang psikologi.

Peserta Studium Generale 2022

Membahas mengenai passion memang menarik perhatian mahasiswa, terlebih mahasiswa baru. Terdapat cukup banyak pertanyaan yang diajukan peserta, sehingga sesi tanya jawab ‘sedikit’ berubah menjadi curhat colongan. Tidak jarang peserta mempertanyakan passionnya yg berubah-ubah, atau sebaliknya, sudah mantap tetapi tidak tahu mau dibawa kemana passionnya tersebut. Meski demikian, pembicara secara umum cukup dapat memberikan penjelasan mengenai keadaan diri mahasiswa secara psikologis. Oleh sebab itu, jawaban dapat diterima dengan baik oleh peserta.

[AQ/sf]