Fakultas Baru, Jajaran Baru

Fakultas Baru, Jajaran Baru

Penantian terbesar Psikologi Universitas Negeri Jakarta akhirnya tercapai dan terwujud. Hal ini merupakan sebuah kado besar di tahun 2016, tepatnya di tanggal 5 Februari 2016, Program Studi Psikologi resmi bertransformasi menjadi Fakultas di Universitas Negeri Jakarta. Hal itu dimuat di Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Jakarta

Nama fakultas ke delapan di Universitas Negeri Jakarta ini adalah Fakultas Pendidikan Psikologi. Kata “pendidikan” diselipkan agar tidak menghilangkan jati diri dari Universitas Negeri Jakarta yang erat akan nuansa pendidikan. Walaupun ada kata “pendidikan”, lulusan Psikologi UNJ tetap mendapatkan gelar S.Psi.

Tidak hanya fakultas baru, Psikologi juga memiliki wajah-wajah baru yang akan memimpin Fakultas Pendidikan Psikologi. Upacara pelantikan dan serah terima jabatan (23/10) juga telah diselenggarakan oleh Prof. Dr. Djaali untuk mengangkat Dekan serta jajaran Fakultas Pendidikan Psikologi. Dr. Gantina Komalasari, M. Psi diangkat sebagai Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi dengan jajarannya, yaitu Drs. Gumgum Gumelar, M.Si sebagai Wakil Dekan I dan Ratna Dyah Suryaratri, M.Si sebagai Wakil Dekan II.

Euforia ini tidak dilewatkan begitu saja oleh lingkungan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Untuk merayakan hal ini, Psikologi Universitas Negeri Jakarta mengadakan acara peresmian fakultas dan syukuran ulang tahun Psikologi yang ke delapan di Teater Terbuka, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta (16/12). Acara ini dihadiri oleh Rektor dan jajaran Dekanat Universitas Negeri Jakarta, dosen-dosen Psikologi, serta mahasiswa. Rangkaian acara berupa sambutan, pemotongan tumpeng, serta pelepasan balon.

Sebagai fakultas baru, tentu Fakultas Pendidikan Psikologi punya banyak tugas ke depannya agar bisa menyusul fakultas-fakultas lain yang sudah lebih dulu ada. Untuk itu dibutuhkan kerjasama dan sinergi dari dekan, dosen, staff, dan mahasiswa untuk memajukan Fakultas Pendidikan Psikologi. (/tm)